10 Kucing Termahal di Dunia

Kucing adalah hewan peliharaan paling populer di dunia. Hampir di setiap pelosok bumi ada orang yang menjadikan kucing sebagai binatang peliharaan kesayangannya. Terdapat ribuan jenis kucing dari seluruh dunia, termasuk kucing liar, kucing rumahan dan kucing besar. Semua jenis kucing itu bisa dijinakkan dan dijadikan peliharaan. Beberapa jenis kucing ras mendapat predikat sebagai kucing termahal di dunia karena faktor eksotismenya atau kelangkaannya. Kucing apa sajakah mereka?


Berikut saya rangkum 10 kucing termahal di dunia.

1. British ShortHair


British Shorthair adalah jenis kucing keturunan dari kucing tradisional dari tanah Inggris. Kucing ini memiliki ciri tubuh besar, bulu tebal dan rapat, dan muka yang lebar. Warna yang paling umum adalah abu-abu kebiruan, ekor sedang dan mata kuning tembaga. Selain warna abu kebiruan, British Shorthair juga ada yang memiliki warna lain seperti warna loreng dan tutul.

Kucing British ShortHair murni memiliki kisaran harga 1 juta (untuk anak kucing) hingga 20-an juta Rupiah.

2. Scottish Fold


Scottish Fold adalah kucing domestik yang mengalami mutasi secara alami yang menyebabkan perubahan pada seluruh tubuhnya terutama pada bagian telinga yang mengerut dan melipat ke arah depan, hingga sering dikatakan bahwa kucing ini mirip burung hantu.

Kucing ini pertama kali ditemukan pada tahun 1961 di Skotlandia di sebuah pertanian dan diberi nama Susie. Ketika Susie memiliki anak, dua diantaranya juga memiliki ciri yang sama dengan Susie. Dan pada tahun 1966 kucing jenis ini sudah resmi terdaftar sebagai kucing ras baru.

Kucing Scottish Fold murni memiliki kisaran harga antara 2 juta hingga 40-an juta Rupiah.

3. Sphynx


Kucing Sphynx terkenal oleh penampilannya yang tidak punya bulu di sekujur tubuhnya. Kucing Sphynx dikembangkan oleh manusia hasil dari persilangan bibit yang terpilih hingga menghasilkan kucing Sphyinx yang tidak berbulu. Penampilannya yang selintas nampak buruk rupa dan kulit yang keriput justru menjadikan kucing jenis ini menjadi kucing eksotis dan mahal harganya.

Harga kucing Sphynx berkisar antara 4 juta hingga 50-an juta Rupiah.

4. Russian Blue


Russian Blue atau kucing biru Rusia adalah jenis kucing yang dipercaya sebagai kucing asli Arkhangelsk, Rusia, namun pada sekitar tahun 1860-an, para pelaut membawa kucing jenis ini ke daratan Britania Raya dan Eropa utara. Dan pada tahun 1912, Russian Blue baru mendapatkan gelar kucing Ras dan dinobatkan sebagai kucing ras tersendiri terpisah dari kucing ras Blue lainnya.

Harga kucing Russian Blue berkisar antara 5 juta hingga 50 juta-an Rupiah.

5. Peterbald


Kucing Peterbald adalah awalnya kucing hasil eksperimen persilangan antara kucing Donskoy dan kucing Oriental Shorthair pada tahun 1994 di St. Petersburg, Rusia. Kucing ini memiliki bulu yang sangat pendek, kuping besar dan tubuh yang panjang. Seiring waktu, banyak persilangan antara kucing Peterbald ini dengan ras kucing lain yang menghasilkan anak kucing Peterbald yang unik.

Harga kucing Peterbald berkisar antara 15 juta hingga 70 juta-an Rupiah.

6. Persian


Kucing Persia adalah kucing yang memiliki bulu tebal dan panjang dengan moncong yang pendek atau pesek. Leluhur kucing jenis ini pertama kali didokumentasikan sekitar tahun 1620 yang diimport ke Eropa langsung dari Iran (Persia), itulah mengapa kucing ini disebut Kucing Persia (Persian Cat). Kucing ini banyak disilangkan dengan jenis kucing lain yang menghasilkan kucing ras yang cantik dengan warna dan bentuk tubuh yang berbeda-beda.

Harga kucing Persia murni berkisar antara 6 juta hingga 75 juta-an Rupiah.

7. Allerca Hypoallergenic


Kucing ini sebetulnya adalah kucing hasil eksperimen sebuah perusahaan yang bernama Allerca, dimana tujuannya adalah menciptakan kucing yang memiliki tingkat alergen (penyebab alergi) yang sangat rendah bagi manusia. Jadi, kucing ini cocok dimiliki oleh seseorang yang alergi terhadap kucing.

Harga kucing Allerca berkisar 80 juta-an Rupiah.

8. Bengal


Kucing Bengal adalah ras kucing hasil pengembangan oleh manusia yang terlahir dari persilangan kucing domestik dengan kucing hutan, Asian Leopard Cat, tujuannya untuk menghasilkan kucing yang jinak, sehat dan bisa dijadikan peliharaan dengan corak bulu mirip dengan kucing hutan. Penampilan kucing Bengal mirip dengan kucing hutan leluhurnya, corak bulu seperti macan tutul dan ukuran tubuh yang sedikit lebih besar daripada kucing domestik umumnya.

Harga kucing Bengal berkisar antara 13 juta hingga 300 juta-an Rupiah.

9. Savannah


Kucing Savannah sekilas mirip dengan kucing Bengal di atas, namun perbedaan mencolok dari ukuran tubuh dan corak bulunya. Savannah memiliki tubuh yang lebih besar dan panjang, mirip bentuk tubuh dan corak bulu Cheetah. Kucing ini memiliki kemampuan berlari yang juga sangat cepat, pintar dan sangat setia pada tuannya. Kucing ini hasil persilangan antara kucing Serval Afrika dengan kucing domestik.

Harga kucing Savannah berkisar antara 20 juta hingga 650 juta-an Rupiah.

10. Ashera


Kucing Ashera seperti kucing Savannah, merupakan hasil persilangan antara kucing Serval, kucing Asian Leopard dan kucing domestik. Kucing jenis ini adalah kucing paling langka, konon perusahaan yang membiakkan kucing jenis ini hanya menghasilkan 5 kucing saja dalam satu tahun, itu lah mengapa kucing ini sangat langka.

Harga kucing ini berkisar antara 200 juta hingga 1,7 milyar Rupiah.


Demikian Top 10 kucing termahal di dunia, kamu berminat membeli salah satu jenis kucing di atas?

Sebagai catatan, harga-harga di atas bukanlah patokan harga pasaran melainkan perkiraan saja, karena pada nyatanya, ada penjual kucing yang mematok harga lebih murah atau malah lebih mahal dari yang saya tuliskan, tergantung kemurnian keturunan, usia dan fitur lainnya dari kucing yang dijual.

Terima kasih telah berkunjung! 😊

Komentar