Arti Tulisan Lorem Ipsum


Pasti suatu waktu kamu pernah lihat tulisan seperti ini:
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Quisque euismod pretium mauris, non dignissim tortor dictum non. Sed ac tortor velit. Nulla rutrum, erat nec commodo finibus, mauris tellus auctor ipsum, ut condimentum ipsum mauris eget velit. Sed faucibus quam fermentum felis mattis, sed egestas quam pharetra. Sed tempor tristique ultrices. Pellentesque dapibus lectus at nulla aliquet mollis. Ut condimentum auctor velit, eu malesuada orci aliquet id. Fusce et porttitor nibh.
Dan kamu bertanya-tanya, sebenarnya apa sih arti tulisan Lorem Ipsum seperti di atas?

Tulisan Lorem Ipsum adalah teks palsu (dummy) yang dipergunakan sebagai teks contoh dalam industri percetakan, fungsinya untuk mengisi kekosongan dari dari sebuah lembaran halaman, misalnya halaman sebuah surat kabar atau buku, untuk menentukan tata letak sebelum teks asli dibuat. Karena sedikit banyaknya pembaca akan terpengaruh oleh tata letak dari tulisan yang dibacanya. Jadi, daripada menggunakan tulisan-tulisan yang baku, percetakan menggunakan tulisan Lorem Ipsum ini, karena tulisan ini memiliki kumpulan huruf dan penyebaran yang baik pada halaman yang ditempatinya.

Lorem Ipsum mulai dipergunakan pada sekitar tahun 1500-an oleh seorang tukang cetak tidak dikenal yang mana dia mengumpulkan ribuan teks latin dan mengaduknya hingga terciptalah teks Lorem Ipsum ini. Setelah 500 tahun lebih, teks ini tetap bertahan hingga saat ini dan masih digunakan oleh dunia percetakan dan media lainnya.

Sebetulnya, Teks Lorem Ipsum ini tidak seluruhnya teks yang acak dan tidak bermakna, karena menurut seorang profesor ahli bahasa, Richard McClintock, teks ini berakar pada sebuah naskah kuno yang berasal dari era 45 sebelum Masehi, "de Finibus Bonorum et Malorum" karya dari Cicero.

Demikian sedikit penjelasan tentang arti tulisan Lorem Ipsum ini, semoga menjadi pencerahan bagi kamu yang masih bingung dan mencari-cari arti tulisan Lorem Ipsum ini.

Sekian dan terima kasih sudah berkunjung! ☺

Komentar