10 makanan yang bisa bikin mual dari penjuru dunia


Bicara mengenai makanan, kita tentu sudah tahu bahwa setiap daerah punya keunikannya masing-masing. Diantara semua makanan-makanan yang ada di dunia itu, ada beberapa makanan yang terbuat dari bahan yang mungkin tidak pernah kita bayangkan sama sekali.

Berikut saya rangkum 10 makanan yang terbilang cukup aneh bagi sebagian orang umumnya namun merupakan makanan yang dianggap sangat lezat bagi masyarakat suatu daerah. Apa saja?

1. Black Pudding (Puding Hitam)


Kita mulai dengan Black Pudding, atau Puding Hitam. Puding hitam adalah makanan khas dari daerah Britania Raya, Irlandia, bentuknya seperti sosis besar dengan warna gelap, biasanya disajikan dalam potongan-potongan pipih seperti pada gambar. Nampak tidak ada yang aneh pada makanan ini, seperti daging yang kelewat matang atau hampir gosong. Namun kenyataannya, Puding Hitam adalah makanan yang terbuat dari darah dan lemak hewan seperti babi atau sapi. Sebetulnya makanan dari darah hewan juga ada di Indonesia, kalau orang Sunda menyebutnya Marus, yang terbuat dari darah hewan yang dipotong.

2. Stinky Tofu (Tahu Busuk)


Stinky Tofu atau tahu busuk adalah makanan khas dari China. Tahu ini adalah makanan tradisional etnis Tionghoa danpernah menjadi makanan favorit kaum bangsawan pada masa Dinasti Qing. Tahu busuk adalah tahu yang difermentasikan dengan menggunakan air asinan, susu fermentasi, sayuran dan daging. Asinannya juga bisa mengandung berbagai macam bahan di dalamnya. Hasil dari fermentasi ini menyebabkan tahu memiliki aroma menyengat yang sangat kuat, namun aroma itu akan pudar setelah tahu dimasak dengan cara digoreng atau lainnya.

3. Chicha de Muko (Bir Muko)


Chicha de Muko adalah sejenis minuman hasil fermentasi dari jagung. Sebetulnya tidak ada yang aneh dengan minum berfermentasi, karena hampir di setiap negara atau daerah memiliki minuman berfermentasi, misalnya saja minuman yang berasal dari beras ketan hitam yang ada di Indonesia. Yang membuat Chicha de Muko unik adalah proses pembuatannya, dimana jagung mentah kering yang hendak diambil sari patinya tidak ditumbuk menggunakan alat melainkan dengan cara dikunyah oleh si pembuatnya dan dimuntahkan kembali untuk dikeringkan. Konon kandungan enzim dalam ludah mempercepat proses fermentasi dan memberikan efek lainnya.

4. Rocky Mountain Oyster (Tiram Pegunungan Rocky)


Tiram biasanya berasal dari laut, namun tidak dengan tiram yang satu ini. Tiram ini berasal dari pegunungan Rocky Amerika Serikat. Kok bisa?
Tiram ini bukan tiram sesungguhnya melainkan hanya sebutan untuk makanan khas daeah pegunungan Rocky. Tiram Pegunungan Rocky ini aslinya adalah biji testis sapi muda yang diambil pada saat pengebirian massal di musim semi. Testis sapi ini dihidangkan dengan cara digoreng garing dengan balutan tepung dan disajikan bersama dengan saus dan makanan lainnya.

5. Casu Marzu Cheese (Keju Busuk)


Keju Casu Marzu berasal dari daerah Sardinia Itali. Casu marzu artinya Keju Busuk, dan memang sesuai dengan namanya, keju ini merupakan keju Pecorino yang dibuat dari susu domba yang dibiarkan di tempat terbuka untuk beberapa lama hingga lalat keju datang untuk bertelur di atasnya. Telur-telur lalat tersebut kemudian menetas menjadi larva atau belatung dan memakan keju Pecorino tersebut. Belatung-belatung itu kemudian memproduksi enzim yang memfermentasi lemak dalam keju. Kaju ini kemudian dimakan beserta belatung-belatungnya. Makanan ini sudah mendapat larangan untuk dikonsumsi di negara Uni Eropa karena dapat menimbulkan penyakit.

6. Balut


Balut adalah makanan khas Filipina. Makanan ini adalah telur ayam atau bebek yang sudah tumbuh menjadi embrio yang hampir sempurna. Telur-telur tersebut direbus dan diberi bumbu untuk kemudian dimakan. Tidak hanya di Filipina, makanan ini dapat ditemukan di Vietnam dan Kamboja. Dipercaya memiliki kandungan protein yang sangat tinggi juga mampu membangkitkan gairah bagi penyantapnya, namun makanan ini menjadi kontroversi di Amerika Serikat.

7. Mopane Worm (Ulat Mopane)


Mopane Worm atau Ulat Mopane adalah makanan lezat nan kaya gizi bagi masyarakat Zimbabwe dan sekitarnya. Ulat ini hidup dan memakan daun pohon Mopane. Ulat ini hampir mirip dengan ulat pohon alpukat di Indonesia namun lebih besar dan gemuk. Ulat ini dikonsumsi oleh masyarakat di sana sebagai makanan kering seperti kerupuk atau dimasak dengan menggunakan kuah.

8. Paniki (Kelelawar buah)


Tidak semua makanan yang bikin geli di perut itu datang dari luar negeri, Indonesia juga punya beberapa makanan khas yang bisa jadi bikin perut mual sebelum mencicipinya. Paniki adalah nama lain dari kelelawar buah atau Codot. Di Minahasa, Paniki adalah makanan lezat, bisa dibuat berbagai macam makanan seperti diopor, disayur, disate atau digoreng. Konon rasanya sangat lezat dan bisa membuat ketagihan.

9. Kiviak


Kiviak adalah makanan khas masyarakat Greenland. Makanan ini dibuat dari sekitar 500 ekor burung Auk utuh yang dijejalkan kedalam kulit anjing laut. Udara dalam "kemasan" tersebut harus dikeluarkan, lalu kulit anjing laut itu ditutup dengan cara dijahit dan disegel menggunakan lemak si anjing laut tersebut agar tidak ada udara yang masuk dam menghalau lalat yang datang. Kemudian "kemasan" tersebut disembunyikan di bawah bebatuan dan dibiarkan selama tiga bulan. Burung-burung auk yang sudah terfermentasi itu kemudian siap untuk dimakan.

10. Hasma


Jika membaca nama Hasma mungkin kamu tidak akan menyangka jika makanan ini bisa membuat kamu mual-mual. Hasma adalah makanan tradisional China yang dibuat dari saluran rahim katak. Katak yang dipakai adalah jenis katak rumput betina yang ditangkap menjelang musim semi. Saluran rahim katak yang diambil lalu dikeringkan kemudian setelah kering bisa dibuat sup.

Nah itulah 10 makanan tidak lazim yang mungkin bisa membuat kamu mual sebelum mencobanya. Harap diingat, faktor lingkungan, adat istiadat dan kebudayaan mempengaruhi jenis makanan untuk masyarakatnya. Makanan bagi suatu masyarakat di daerah tertentu nampak menjijikkan bagi masyarakat daerah lainnya, namun sangatlah lezat dan merupakan makanan favorit bagi mereka yang menyukainya.

Sebetulnya masih banyak jenis makanan yang tidak lazim di dunia ini seperti sup kucing, sate anjing, gorengan kadal dan lain sebagainya, namun saya mencoba merangkum dan menampilkan yang terbaik saja buat kamu semua.

Sekian dan terima kasih sudah berkunjung! 😊

Komentar